Stop Menjadi Bodoh!

1
704

STOP Menjadi Bodoh !

Manusia selalu membanggakan dirinya sebagai makhluk terbaik yang diciptakan oleh Tuhan . Kearifan akal budi adalah anugerah yang tak dimiliki oleh makhluk lainnya . Namun,masihkah kearifan itu tersisa bila atas nama ego ingin bertahtakan perhiasan dengan mengorbankan jiwa makhluk Tuhan yang lain ?

Mari kita tanyakan kepada kearifan diri kita mengenai Gajah yang menggelepar tertembus peluru pemburu demi Gading yang nantinya akan berakhir di leher sebagai kalung atau di lengan sebagai gelang. Mari kita lihat sinar mata anak-anak kita yang erat bergelayut di lengan tak ingin ditinggal , lalu bagaimana dengan anak-anak gajah yang tiba-tiba harus menjadi Yatim ?

Gading adalah gigi seri yang dimiliki Gajah . Gading berfungsi sebagai alat pertahanan atau alat bantu untuk memindahkan batang pohon yang menghalangi perjalanannya . Gading adalah gigi seri, tak lebih ! Tak ada manfaat anti racun , kekebalan atau kekuatan seperti yang dimitoskan banyak orang . Anda akan tetap menjadi anda yang berdarah bila terkena jarum meskipun menggunakan perhiasan bertumpuk yang terbuat dari gading . Gading gajah tidaklah istimewa ! Ia hanya istimewa bila berada di tempatnya, yaitu sebagai gigi seri Gajah hidup yang bebas merdeka di hutan.

Pun anda tak kemudian menjadi serta merta menjadi orang yang terhormat hanya karena menggunakan aksesoris dari gading Gajah . Wibawa anda tidak akan meningkat drastis, atau karir anda tidak pula akan melesat hanya dengan menggunakan perhiasan gading gajah. Anda hanya akan dicap sebagai “pembunuh berdarah dingin” , karena untuk mendapatkan gading yang diambil dari akarnya , seekor Gajah harus tergelepar menjemput maut .

Anggapan bahwa Gading Gajah sebagai hal yang istimewa sangatlah keliru . Apa yang istimewa dari gigi seri yang bisa kita dapatkan pula pada babi hutan, atau Walrus ? Seandainya anda menganggap gigi seri sebagai hiasan yang keren , mengapa anda tak mencabut gigi anda dan menjadikannya sebagai kalung,misalnya?

Artikel ini sejatinya bertujuan mengajak kita semua berpikir rasional dan jernih bahwa betapa banyaknya makhluk Tuhan yang indah menjemput ajal karena “kebodohan” kita mempercayai mitos yang salah . Berapa banyak Hiu harus mati demi sirip , padahal komposisi sirip hiu tak lebih istimewa dari kuku kaki manusia , atau berapa banyak Gajah harus mati demi kebodohan mitos akan gadingnya? Mari selamatkan Gajah dengan berhenti menjadi bodoh !

Penulis

Budi Santosa