EMPING SAMPAH

0
1221

Dewasa ini, seringkali orang mengabaikan hal-hal yang sudah tidak terpakai menjadi bermanfat. Kalian pasti tahu kan buah rambutan? Apa yang kalian bisa makan dari buah rambutan? Ya, semua pasti akan menjawab daging buahnya tetapi banyak orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya isi rambutan juga bermanfaat bagi kita padahal banyak orang membuang biji rambutan setelah memakan dagingnya. Pada era globalisasi ini, sedang maraknya penekanan mengenai penghijauan. Kalian sadar nggak sih? Mendaur ulang limbah juga termasuk salah satu penyelamatan lingkungan hijau?

Banyak sekali cara-cara dalam penyelamatan lingkungan hijau, salah satunya adalah memanfaatkan biji rambutan yang sudah tidak terpakai lagi atau biasanya dijadikan limbah bagi masyarakat luas.
Biji rambutan mengandung karbohidrat, lemak, protein yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi. Biji rambutan juga mengandug lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah) sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan elternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis.Bermanfaat sekali bukan? Kita ngggak harus susah susah mengeluarkan banyak uang dan harus mengkonsumsi obat-obatan yang identik sekali dengan bahan kimia yang membahayakan kesehatan.

Cara pengolahan biji rambutan bermacam-macam, tetapi ada satu cara pengolahan biji rambutan yang lebih produktif dengan membuatnya menjadi emping. Berikut adalah cara membuat biji rambutan menjadi emping biji rambutan yang bermanfaat,jika diantara kalian ada yang berminat untuk membuatnya. Pertama,pisahkan biji rambutan dengan dagingnya, kemudian sangrai biji rambutan tanpa minyak hingga berwarna kecoklatan.Setelah itu emping rambutan di pukul dengan palu hingga memipih kemudian pipihan tersebut dikeringkan dan di jemur. Jika kalian ingin menyatapnya maka ditambahkan bumbu bawang dan garam kemudian di goreng dan kalian bisa menyatapnya. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba kawan!