Indahnya Kep.ARU Namun Tak Seindah Kehidupan Rakyatnya

0
533

kepulauan ARU maluku

 

Kabupaten Aru Maluku sudah di kenal dimana-mana dengan penghasil Mutiara, hasil laut yang begitu berlimpah. Ini merupakan satu tanda tanya besar terhadap kita kenapa sampai kehidupan di sana tak sebanding dengan kekayaan alam nya?. Kita kembali lagi pada diri kita sendiri, bagaimana kita bisa mengolah hasil-hasil bumi itu sendiri sehingga bisa meningkatkan perekonomian di Aru. Terlalu banyak orang yang menyadari akan hal itu. Kita dapat melihat masih banyak yang hidup dengan pas-pas an, mereka masih tinggal di rumah yang masih di katakan tidak layak untuk di huni.

Mungkin perlu sangat untuk di benahi SDM nya karena SDA di aru sangat melimpah namun SDM nya tidak di pergunakan dengan baik, karena banyak para pemuda di ARU yang putus sekolah karena ekonomi.Contoh pada seleksi CPNS yang tahun 2014 banyak pemuda putra daerah yang gagal lolos dalam seleksi CPNS tahun 2014,kenapa bisa terjadi hal seperti itu?/kita kembali lagi pada tingkat SDM.

pertanyaan yang diajukan dalam soal-soal ujian itu, hanya seputar logika (Logic or Nor), dan ilmu hitung deret, yang harusnya dipelajari saat setiap orang masih di bangku Sekolah Dasar. Apakah, ini akibat dasar ilmu yang diajarkan di SD itu, demikian lemahnya “diajarkan oleh pengajar” ataukah demikian lemahnya “daya nalar kita” sehingga kita sulit menerima ajaran dasar, ataukah demikian lemahnya “daya ingat kita” sehingga kita mudah melupakan ilmu yang kita terima saat diajarkan oleh guru…?

 

Disini pemerintah juga harus bisa membuka mata dengan membuka lapangan pekerjaan,agar masyarakat di Aru tidak tergantung pada satu profesi saja sehingga penghasilannya dapat bisa memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari dan meningkatkan perekonomian disana. Kepulauan ARU dengan kekayaan alam yang sangat melimpah namun tidak dapat bisa mensejahterakan kehidupan masyrakat nya.

 

hasil mutiara aru

Pemerintah pusat terlalu memperhatikan daerah-daerah maju dan melupakan daerah yang tertinggal, mari kita sebagai generasi muda sama-sama bahu-membahu untuk bisa meningkatkan atau melahirkan SDM yamng berkualitas,dengan cara apa??yaitu dengan cara dibangunnya sarana-sarana pelatihan/tempat kursus,sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran dan juga pemuda disana tidak mencari pekerjaan di luar daerah mereka sendiri yang SDA nya sangat melimpah.di fungsikan kembali perpustakaan untuk taman bacaan anak tingkat SD,SMPdan SMA agar memperluas wawasan mereka,itu sebagai bekal di masa yang akan datang. di ARU banyak para seniman yang sangat kreatif,namun hanya sebagian saja.