Green Handphone Saudara Sepupunya Green Building

31
955

Handphone adalah dewa, handphone adalah candu!” Banyak orang yang bahkan menganggapnya sebagai suatu alat sakral yang harus dimiliki. Apakah kalian juga menganggapnya seperti itu? Handphone telah memprovokasi manusia untuk kecanduan dengan banyaknya kemudahan atau fitur-fitur yang dimiliki. Mulai dari sms, telepon, memutar musik, berfoto, browsing internet, dan banyak hal lain. Nah kecanduan inilah yang tidak kita disadari pada saat yang bersamaan sebenarnya telah menyakiti bumi. Kita telah merusak kesehatan bumi. Tentu kalian bertanya, kok bisa?

Tentu bisa! Ceritanya begini, handphone itu pasti menggunakan baterai, baterai itu perlu dicash saat dalam keadaan kosong. Ketika mengecash baterai, maka baterai membutuhkan aliran listrik. Aliran listrik dihasilkan oleh generator, padahal generator memerlukan bahan bakar minyak. Untuk membuat bahan bakar minyak pada prosesnya menimbulkan polusi.

Artinya jelas-jelas ketika kita berfoya-foya menggunakan handphone. Maka pada saat yang bersamaan kita menyia-nyiakan bahan bakar minyak plus polusi yang ditimbulkannya.

Nah, hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa green handphone menjadi saudara sepupu green building. Kalian tentu sudah tahukan arti dari green building? Green Building mengarah pada struktur dan pemakaian proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan hemat sumber daya sepanjang siklus hidup bangunan tersebut, mulai dari pemilihan tempat sampai desain, konstruksi, operasi, perawatan, renovasi, dan peruntuhan. Persis! Green handphone dengan semangat yang sama.

Untuk lebih jelas mengenai yang saya maksud dengan green handphone, mari menyimak peristiwa yang ironis di kampus saya. Kampus saya memiliki bangunan green building. Karena memenuhi persyaratan untuk dikategorikan ke dalam green building. Ironisnya banyak mahasiswa di kampus yang menggunakan handphone dengan tidak jelasnya dan cenderung berlebihan. Seperti berfoya-foya mendownload lagu yang tidak jelas, memutar musik dengan keras, bermain game, dan itu semua membutuhkan arus listrik yang sebenarnya hanya membuang-buang arus listrik. Karena hanya memuaskan keinginan gaya hidup, bukan kebutuhan. Artinya green building itu setengah gagal jika tidak diikuti oleh sikap dari manusia yang tinggal di dalam gedung tersebut.

Karena dengan penggunaan sms atau telepon yang secara berlebih, maka akan menyebabkan cepat habisnya daya yang tersimpan dalam baterai handphone tersebut. Dan jika sudah habis, maka akan di charger baterai tersebut dengan menggunakan media enegi listrik. Apalagi dengan smartphone yang daya baterainya cepat habis. Sebab, menurut penelitian seseorang dari Kota Balikpapan, jika iPhone yang memiliki kapasitas baterai 1440 mAh bila dalam sehari diisi ulang paling tidak sekali, mulai dari kosong hingga terisi penuh, maka dalam setahun akan mengkonsumsi listrik sebesar 2 kWh.

Green building itu OK, namun lebih OK jika diikuti oleh penghuni yang bijaksana menggunakan peralatan elektronik yang hemat energi. Jadi green building hemat energy harus diikuti oleh peralatan elektronik yang hemat energi.

Banyak sekali yang perlu diperhatikan dalam penggunaan handphone. Apa lagi dengan semakin berkembangnya zaman yang membuat semakin canggihnya handphone dan keberagamannya. Dengan semangat green handphone berikut ini sejumlah kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari.

  1. Kesalahan Memainkan Musik Handphone

Banyak diamati, seseorang menyalakan handphonenya untuk memainkan musik sebagai lantunan pengiring tidur. Namun ketika seseorang tersebut sudah tertidur, apakah musik itu akan langsung seketika berhenti dengan sekejap? Dan bagaimana pula ketika kita mengisi baterai terus kita lupa tidak mencabut kabel chargernya? Sungguh kepribadian yang sangat sembrono dan tidak memnyimbolkan perilaku hijau.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa seseorang harus menanamkan sebuah hal yang dapat dikatakan sepele. Namun akan besar dampaknya jika banyak orang yang melakukannya. Ini akan merusak kepribadian atau moral yang nampak simpel. Yang menjadikan rusaknya kepribadian bahkan lingkungan, karena ini akan menimbulkan dampak keberlanjutan. Dan marilah kita cepat tanggap untuk sadar akan hal itu. Dan melalaui perubahan kecil dari kepribadian diri sendiri. Akan memberi contoh kepada orang lain dan memberikan dampak kepada lingkungan.

 

  1. Kesalahan Dalam Menyikapi Bonus Dari Operator

 

Energi adalah sumber kehidupan, itu fakta riel yang terjadi menimbang seringnya penggunaan dan sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam aktivitas manusia. Ternyata itu akan berdampak konsumtif, baik dari materi yang berupa pulsa maupun berupa energi listrik. Bayangkan saja ketika mendapat bonus dari operator kartu perdana. Yang sebenarnya, seseorang tidak tertarik akan melakukan SMS maupun telepon. Namun karena mendapat bonus yang berlebih, maka seseorang itu akan menggunakannya secara berlebih pula. Dengan berdalih, sungguh sayang jika bonus yang diberikan oleh operator kartu perdana tidak digunakan.

Namun seandainya kita terlalu konsumtif dalam pemakaian handphone. Jadi akan semakin konsumtif pula energi maupun dampak yang akan ditimbulkan. Dan seandainya gerakan penghematan energi melalui penghematan penggunaan handphone ini dilakukan oleh berjuta umat manusia. Pasti akan banyak energi yang dapat dihemat.

Walaupun kelihatannya ini hal yang sepele, namun harus dipahami bahkan dapat ditindak lanjuti. Agar mampu menciptakan suasana green building yang nampak. Dan sudah seharusnya penggunaan handphone dalam aktivitas cukup seperlunya, itupun tatkala sedang membutuhkannya. Dan juga tidak menggunakan secara berlebihan.

Sebab Grand handphone adalah handphone yang hijau. Bukan handphone dengan cassing hijau. Namun handphone yang menyimbolkan perbuatan hijau. Yang tidak menyakiti bumi dengan polusinya. Melainkan dengan tindakan yang mampu untuk turut serta menjaga bumi. Bayangkan saja jika kesadaran ini dimengerti dan di lakukan oleh setengah penduduk bimi! Pasti hal ini sudah mengkontribusikan energi yang begitu besar untuk dihibahkan ke suatu aktivitas yang lainnya yang juga memperlukan energi atau sumber daya alam yang lainnya. Oleh karena itu marilah kita sadar akan pentingnya gerakan green handphone ini

Karena dengan pola kita yang seperti ini, tentu akan menyebabkan pengeluaran energi yang lebih banyak dan komsutif. Dan energi yang seharusnya dapat dipakai untuk hal lainnya, justru tergunakan untuk hal ini. Dan apakah anda juga bisa membayangkannya? Bagaimana jika setengah dari penduduk bumi melakukan hal ini? Pasti sungguh penyikapan energi yang sia-sia. Dan kita harus menemukan penyikapan yang sesuai mengenai hal tersebut. Penyikapan itulah yang dimaksud dengan green handphone.

 

by; mohamad fajar azizi

31 COMMENTS

  1. Haduh artikelmu bikin aku kesindir pakdhe /.\
    Tp ini artikel yg sgt bermanfaat dn bikin kita intropeksi diri..
    Untuk gaya penulisannya sdh lumayan dan menurutku Azis bgt 😀 Tp msh ada yg typo lho Pakdhe.. Hayoo lbh teliti lg
    SEMANGAT!