Disini Kita Tahu dan Belajar

0
660

Pasuruan, Kompas-Kampus – Taman Safari Indonesia (TSI) II yang terletak di Kecamatan Prigen-Pasuruan Jawa Timur ini menjadi wadah konservasi Suaka Margasatwa yang memiliki luas kawasan lebih dari 300 Ha. Di tempat ini, banyak terdapat satwa-satwa yang unik dan mungkin tidak dijumpai ketika berkunjung ke wisata kebun binatang yang lainnya.

Seperti contoh Satwa Tapir yang memiliki keunikan corak ditubuhnya. Satwa ini merupakan hewan pemakan daun-daunan. Sekilas, hewan ini memiliki kemiripan dengan seekor babi, yang membedakan antara tapir dan babi adalah moncongnya yang lebih panjang dari pada babi.

Pada saat berkunjung ke TSI II (9/12) penulis dapat menyaksikan 2 ekor tapir (Induk Tapir dan Anaknya) sedang menikmati makanan mereka yaitu berupa dedaunan. Tapir Dewasa memiliki corak ditubuhnya hanya warna putih rata. Sedangkan anak tapir memiliki corak warna putih yang bergaris-garis ditubuhnya.

Menurut keterangan Tourguard (Pemandu Wisata), corak yang ada ditubuh anak tapir akan berubah menjadi seperti induknya 4-6 bulan setelah kelahirannya. Setelah waktu itu, corak tubuh anak tapir yang mulanya bergaris-garis akan berubah menjadi putih rata.

Selain satwa-satwanya yang unik, TSI II juga menawarkan suasana alam yang sejuk dan asri. Pohon-pohon besar senantiasa menaungi setiap perjalanan mengelilingi kawasan margasatwa ini. lingkungan yang terlihat hijau dengan pohon-pohon besarnya ini membuat udara terasa lebih bersih dan nyaman.

Penulis

Nanang Wahyu Prajaka