Uniknya Metamorfosis Tapir

0
1176

Sekitar 2 bulan yang lalu, Taman Safari II (TSI II) Prigen Jawa timur memperoleh keluarga barunya, satwa asli Indonesia yaitu tapir Sumatera yang dilindungi, kini bertambah jumlahnya. Lahirnya anak tapir menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi segenap jajaran Taman Safari Indonesia II tak terkecuali para tour guide.

Tapir adalah salah satu satwa yang masa kehamilannya cukup lama, maka tidak heran jika kelahiran anak tapir menjadi suatu hal yang membahagiakan. “ Nah mba mas, ini tapir dan anaknya, anaknya ini berumur 2 bulan, lahirnya di taman safari ini” terang tour guide TSI II kepada para pengunjung kala di dalam bus keliling kawasan satwa.

Para pengunjung pun sontak menolehkan pandangan ke arah tapir, pandangan pun tak kunjung beralih terlebih ketika melihat tingkah polah anak tapir yang tengah makan bersandingan dengan induknya. Anak tapir memiliki corak warna garis-garis cokelat putih sedangkan induknya berwarna putih hitam. Corak warna anak tapir yang sangat berbeda dengan induknya pun menjadi perhatian dan membuat heran para pengunjung.

Keunikan warna anak tapir yang berbeda dengan induknya adalah bagian dari metamorfosis tapir. Syaifullah, tour guide taman safari II mengatakan, anak tapir terlahir dengan warna yang berbeda dengan induknya bukanlah karena hasil pekawinan silang. “ Semua tapir terlahir dengan warna seperti anak tapir itu coklat putih, lama-lama kelamaan warnanya berubah menjadi hitam putih seperti induknya,” terang Syaiful.

Penulis

Annisa Eira Anggersih