HARIMAU SUMATERA NASIBMU KINI

0
4628

Harimau sumatera yang bernama latin Panthera tigris sumatrae merupakan hewan yang berhabitat di Pulau Sumatera. Harimau Sumatera merupakan subspesies harimau terkecil di dunia sehingga harimau jenis ini sangat mudah untuk menjelajahi hutan rimba. Harimau Sumatera merupakan perenang yang handal karena disela-sela kakinya dilengkapi selaput sehingga pada saat berburu, hewan ini biasanya menyudutkan mangsanya kedalam air.

Harimau Sumatera dapat hidup di hutan dataran rendah sampai hutan dataran tinggi seperti hutan hujan tropis, hutan primer dan hutan sekunder bahkan hewan ini dapat ditemui didaerah hutan areal gambut yang tersebar di pulau sumatera. Hewan ini dapat hidup dengan baik jika didukung oleh lingkungan yang mendukung seperti hutan yang rimbun, ketersediaan air dan ketersedian mangsa yang mencukupi.

Namun keberadaan Harimau Sumatera saat ini cukup kritis dan terancam kepunahan berdasarkan data yang dikeluarkan WWF pada tahun 2004 jumlah populasinya dialam bebas hanya 400 ekor tersebar di hutan dataran rendah dan hutan gambut. Menurunya populasi Harimau Sumatera disebabkan beberapa faktor. Namun perusakan dan pengalihan fungsi hutan menjadi lahan pertaniaan dan perkebunan kelapa sawit merupakan faktor utama dari menurunnya populasi harimau sumatera. Perburuan hewan ini juga sangat tinggi menurut laporan TRAFFIC – program kerja sama WWF dan lembaga Konservasi Dunia menenumakan adanya pasar illegal yang berkembang sangat pesat untuk memperjual belikan bagian tubuh Harimau Sumatera.

Jika keberadaan ini tidak berubah tidak menutup kemungkinan Hariamau Sumatera akan bernasib sama dengan Harimau Jawa dan Harimau Bali yang sudah dulu punah. Semoga kebijakan moratorium yang dicanangkan Bapak Presiden Susilo Bamabang Yudhoyono Mei 2011 dapat berjalan efektif untuk melindungi kerusakan hutan dan lahan gambut, dengan cara mengkaji izin-izin peralihan hutan menjadi areal pertanian dan perkebunan kelapa sawit sehingga Harimau Sumatera tiadak terusir dari rumahnya sendiri. Semoga Harimau Sumatera tidak hanya menjadi cerita bagi anak cucu bangsa ini.

Penulis

ERIK KAMALUDFI