Upaya Kita dalam Melestarikan Lingkungan Hidup

0
2191

Pagi yang indah, mentari bersinar cerah. Udara diluar serasa sejuk. Ah, alam memberikan semuanya kepada kita umat manusia secara GRATIS untuk dinikmati dan disyukuri.

Tapi sayangnya kita kurang dapat menghargai dan sering kali lupa akan segala yang dapat kita nikmati itu hanya akan terus ada jika kita tahu dan mau memeliharanya.

Sering kita lihat dan alami dalam kehidupan kita sehari-hari, betapa kita kurang perduli dengan lingkungan kita. Contohnya kita sering melihat sungai-sungai masih dipenuhi sampah bahkan kita sendiri mungkin telah membuang sampah sembarangan.

Kita tidak memelihara kebersihan lingkungan sebagaimana mestinya dan bahkan kita juga sering kali merusak lingkungan dimana kita hidup dan menggantungkan hidup kita sehari-hari.

Sering kita baca di surat kabar nasional seperti Kompas, adanya dampak buruk dari lingkungan yang telah dirusak manusia seperti banjir di Ibukota, longsor di Banjarnegara dan seterusnya. Saat hal ini terjadi, kita sesaat saja ingat bahwa kita perlu merubah sikap dan prilaku terhadap lingkungan kita, agar kita lebih peduli dalam menjaga dan memeliharanya.

Pemerintah telah melakukan upaya untuk dapat melakukan perlindungan terhadap lingkungan hidup seperti mengadakan hutan lindung, membuat peraturan sebagai upaya untuk melindungi lingkungan hidup dari kerusakan yang lebih parah. Akan tetapi, tampaknya upaya dari pemerintah saja tidaklah cukup jika tidak didukung oleh masyarakat. Hal ini terbukti bahwa masih banyak pembalakan liar yang terjadi.

Pelibatan pihak swasta dalam melakukan pelestarian lingkungan hidup dan kekayaan hayati sangatlah penting. Hal ini terbukti dari apa yang telah dilakukan oleh Taman Safari Indonesia II, Prigen – Jawa Timur yang telah mengupayakan pelestarian lingkungan hidup tersebut. Bahkan, dari apa yang telah dilakukan oleh pihak pengelola dapat memberikan manfaat yang besar bagi khalayak untuk dapat menikmatinya sebagai tempat wisata sekaligus tempat belajar.

Pada Taman Safari Indonesia II kita dapat pula mengenal lebih baik akan satwa asli Indonesia seperti Babi Hutan, Harimau Sumatra, Banteng dan hewan-hewan lainnya.

Semoga dengan melibatkan pihak swasta dan masyarakat secara umum, kita dapat melakukan pelestarian lingkungan hidup dengan lebih baik. Dan pada akhirnya kita dapat menikmati hal-hal positif dari lingkungan hidup kita serta mewariskannya kepada anak cucu kita dimasa mendatang.

 

Penulis

Yvonne Christine Widjaja