Taman Safari Prigen

0
622

Salah satu taman safari terbesar di Asia berada di Desa Jatirejo, Kecamatan Prigen, Jawa Timur. Dengan luas 350 hektar, Taman Safari Prigen merupakan lembaga konservasi Suaka Margasatwa yang berada di ketinggian 800 dpl. Hawa sejuk Lereng Gunung Arjuno, membuat pengunjung betah berlama-lama di Taman Safari Prigen. Menikmati pemandangan dan udara segar.

Saat memasuki lokasi Kawasan Taman Safari Prigen, pengunjung diwajibkan menggunakan mobil atau bus yang telah disediakan. Kenapa? Karena Taman Safari Prigen mempunyai keunikan sendiri dibandingkan Kebun Binatang lainnya. Sebelum memasuki zona rekreasi dan zona baby zoo, pengunjung akan memasuki zona kehidupan satwa. Dimana zona ini dihuni oleh satwa liar yang hidup sesuai dengan habitatnya.

Zona pertama adalah kawasan Amerika. Saat memasuki kawasan ini, pengunjung akan disambut dengan Beruang kutub. Zona berikutnya adalah kawasan binatang buas. Pengunjung akan menjumpai pintu otomatis saat memasuki kawasan ini. Didalam kawasan ini terdapat Harimau, Singa dan Buaya. Demi keamanan pengunjung penjaga akan membatasi waktu saat berada dilokasi ini. Selanjutnya memasuki kawasan Asia, pengunjung akan disambut dengan satwa asli Indonesia. Kawasan terakhir adalah Afrika. Di sini bisa dijumpai Zebra, Gajah, Kudanil dan koleksi hewan lainnya.

Setelah melewati 4 zona, akhirnya tiba di zona rekreasi. Di sini tempat permainan anak-anak seperti roller coaster, bom-bom car, hingga rumah hantu. Harga tiket mulai 10.000-40.000 untuk setiap permainan. Selain zona rekreasi, ada juga zona Baby zoo. Dilokasi ini pengunjung bias melihat aneka jenis burung, ular dan bekantan. Petugas Taman Safari Prigen juga menyediakan foto bareng bersama burung.

Adapun fasilitas yang berada di Lokasi Taman Safari Prigen saat ini adalah area parkir yang luas. Penginapan. Masjid. Toko Souvenir. Water Park. Atraksi live show setiap jam tertentu.

Lokasi Taman Safari Prigen bisa ditempuh dari Surabaya. Jaraknya sekitar 55 km atau 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Jam buka mulai pukul 08.00-17.30. Biaya tiket masuk regular 70 rb.

Penulis

ahmad nafik mundzir