INDIGENIOUS

0
690

Satwa merupakan sebagian sumber daya alam yang tidak ternilai harganya, sehingga kelestariannya perlu dijaga agar tidak punah baik karena faktor alam, maupun perbuatan manusia mulai dari perburuan hingga kepemilikan satwa yang tidak sah.

Menurut Pasal 1 ayat 5 UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Satwa adalah semua jenis sumber daya alam hewani yang hidup di darat, di air, ataupun di udara.

Spesies-spesies yang menjadi penghuni suatu wilayah atau ekosistem secara alami tanpa campur tangan manusia bisa dikatakan itulah yang disebut dengan spesies asli (Native Species) atau bisa dikatakan indigenious.

Indigenous artinya Pribumi atau penduduk asli yang artinya setiap makhluk Tuhan yang lahir di suatu tempat, wilayah atau negara, dan menetap di sana dengan status orisinal, serta sekelompok etnis yang diakui sebagai suku bangsa, bukan pendatang dari negeri lainnya

Indonesia memiliki kekayaan satwa yang sangat beraneka ragam. Hal ini karena Indonesia merupakan daerah tropis dan berbentuk kepulauan serta berada di antara dua benua. Indonesia yang merupakan negara kepulauan menyebabkan setiap pulau memungkinkan  memiliki hewan khas tertentu sesuai dengan kondisi alamnya. Hal ini juga di pengaruhi oleh dua kawasan biogeografi, yaitu Oriental dan Australian sehingga terjadi pertemuaan jenis hewan dari dua wilayah tersebut.

Salah satu contoh hewan asli Indonesia adalah Harimau  (Panthera tigris). Binatang yang tersebar luas di benua Asia sejak ratusan tahun silam. Persebaran alami harimau mencapai daerah Indonesia yang kala itu masih menyatu dengan Asia. Saat permukaan air laut meningkat (6.000 – 12.000 tahun yang lalu), beberapa harimau terperangkap di pulau Sumatera, Jawa dan Bali.

Harimau ???

Harimau adalah anggota terbesar dari keluarga kucing (falidae). Para anggota kucing besar lain dari keluarga ini adalah singa, phanter dan jaguar. Kucing predator ini dikenal dengan bulu oranye dan garis-garis hitamnya yang eksotis.

Subspesies harimau terbesar adalah harimau Siberia, yang jantan dapat mencapai berat hingga 300kg dan betina hingga 167kg, dan subspesies terkecil adalah harimau sumatera, dengan berat sang jantan hingga 120kg dan berat betina hingga 90kg.

Ada sembilan subspesies harimau. Namun tiga diantaranya sudah punah dan hanya tersisa enam yang masih bertahan.

Spesies : panther tigris

Subspesies yang sudah punah :

    1. tigris balica ( harimau bali),

 

    1. panther tigris sondaica (harimau jawa)

 

    1. panther tigris virgate (harimau kaspia/Persia)

 

Subspesies yang masih bertahan :

    1. tigris altaica (harimau Siberia)

 

    1. panther tigris tigris (harimau Bengal/india)

 

    1. panther tigris amoyensis (harimau cina selatan)

 

    1. panther tigris jacksoni (harimau Malaya)

 

    1. panther tigris corbetti (harimau indo cina)

 

    1. panther tigris sumatrae (harimau sumatera)

 

Dimana harimau hidup ???

Harimau yang hidup di alam dapat ditemukan di 13 negara Asia, dari India bagian barat, Indonesia bagian selatan, Siberia bagian utara. Harimau juga dapat ditemui di sepanjang jalan ke Mesopotamia dan Caucasus.

Harimau kritis ???

Harimau menghadapi ancaman dari hilangnya habitat dan fragmentasi, kurangnya mangsa dan perburuan liar. Negara tempat hidup harimau, termasuk India, Indonesia, Myanmar, dan provinsi Jilin Cina dan provinsi Primorsky Rusia semua memiliki rencana konservasi atau perjanjian di tempat untuk mencoba dan membendung gelombang hilangnya harimau. Harimau yang dibesarkan di kebun binatang di seluruh dunia untuk menjaga populasi mereka secara genetik.

Fakta uniknya ……

-Pola garis adalah keunikan untuk setiap harimau, tanda-tanda unik ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis harimau sama halnya seperti sidik jari pada manusia.

-Untuk menandai wilayahnya harimau melakukan penyemprotan air seni serta menandai jalan dengan fases

-Harimau adalah perenang yang kuat , dan sering ditemukan mandi di kolam , danau, dan sungai

-Harimau juga dapat menyeberangi sungai hingga 6 sampai 7 km dan dapat berenang hingga 29 km dalam satu hari

-Harimau tidak suka bila terlalu panas, mereka umumnya menghabiskan hari-hari saat cuaca panas berbaring di kolam dan sungai

-Harimau memiliki tingkat keberhasilan sangant kecil sebagai pemburu, rata-rata mereka membunuh 1 dari setiap 20 perburuannya

-Harimau jantan akan memberikan makan hasil perburuannya pertama kali pada betina dan anaknya

-Sebuah harimau dewasa dapat hidup sampai 2 minggu tanpa makan tapi kemudian bisa makan hingga 34kg makanan

-Sebuah harimau membutuhkan beberapa hari untuk menyelesaikan makan hasil perburuannya. Harimau makan sampai kenyang, dan sisanya disembunyikan dengan daun dan kotoran. Ketika lapar lagi, harimau kembali untuk makan yang disimpan tersebut, sampai semua daging habis.

-Harimau memakan hewan kecil seperti kura-kura dan katak, serta hewan-hewan besar seperti kerbau dan antelop besar.

-Sekelompok harimau disebut “streak” dan sebuah jejak kaki harimau disebut “pug mark”

-Penglihatan harimau 6 kali lebih baik daripada manusia

-Anda dapat mendengar deru harimau dari jarak 2 km

 

Penulis

Ade Septi