Eh, Indonesia Punya Beruang!

0
1031

Siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh Winnie The Pooh? Si beruang madu yang lucu milik bocah lelaki bernama Christopher. Siapa yang sudah menonton film animasi Brother Bear, Open Season, ataupun Yogi Bear? Ketika ditanya apa persamaannya, pasti semua serentak menjawab bahwa judul-judul tersebut memiliki tokoh utama dengan sosok Beruang. Sayangnya, semuanya menggunakan Beruang yang berhabitat asli di daratan benua Amerika. Apakah benar Beruang berbulu tebal itu hanya ada di dataran tinggi dan tidak mugkin hidup di negara tropis?

Tubuhnya yang fluffy karena tertutup bulu ternyata tidak membuat si Beruang kepanasan. Ialah spesies dengan nama latin Helarctos malayanus alias Sun Bear memiliki habitat di daratan Sumatra dan Kalimantan. Spesies ini memang hidup di hutan hujan tropis seperti yang dimiliki oleh Indonesia. Namun sayangnya, berdasarkan data yang ada, hidupnya semakin terancam karena penebangan hutan yang membuat para Beruang ini kehilangan tempat tinggal. The Sun Bear juga dikenal dengan Beruang Madu Asia. Mereka memang menyukai “cemilan” manis berkomposisi madu, bahkan lebah madupun juga dilahap olehnya. Tapi, sesungguhnya Sun Bear ini adalah makhluk omnivora! Mereka juga tidak menolak jika harus memakan ikan dan buah-buahan. Tidak heran jika massa tubuh Beruang dewasanya mencapai lebih dari 65 kg dengan tinggi bisa mencapai 2 meter. Mereka pun bisa hidup sampai 30 tahun lamanya.

Uniknya adalah, karena Sun Bear lebih memilih mengkonsumsi madu terlebih dahulu ketimbang bahan makanan lain, mereka dibekali lidah yang panjang, yakni mencapai 25 cm. Tentu saja lidah tersebut untuk memudahkan si Beruang menjilat madu hingga lapisan terakhir. Sun Bear tidak seperti kerabat Beruang yang lain, mereka tidak berhibernasi. Hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan habitat mereka yang berupa hutan hujan tropis dimana sumber makanannya selalu ada, tidak seperti di daratan utara yang memiliki 4 musim. Si Beruang jenis ini akan tidur lebih lama di siang hari dan mulai aktif di saat malam hari.

Untuk wilayah Indonesia, The Sun Bear sudah sulit ditemui di alam liar. Mereka dijadikan bahan buruan dan rumah mereka dihancurkan. Maka dari itu, Sun Bear hanya bisa ditemui di pusat-pusat konservasi, misalnya di Taman Safari II Prigen. Nah kan, tidak semua dari kita tahu bahwa Indonesia juga punya spesies Beruang. Mari dijaga. Jangan sampai, anak-cucu kita hanya bisa melihat wujud hewan berbulu tersebut dari layar kaca berupa animasi atau bahkan menjadi mitos. Karena kelestarian alam Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama

Penulis

Salahuddin Muhammad Iqbal