Beaver Amerika Menjadi Keluarga Baru Taman Safari Indonesia II Prigen Pasuruan

0
6520

Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Pasuruan kedatangan keluarga baru pada tanggal 26 Oktober 2014 yaitu empat ekor Beaver Amerika (Castor canadensis). Keempat beaver tersebut bernama Bima, Bimo, Verika dan Vince. Bima dan Bimo adalah jantan yang saat ini berusia 1,5 tahun, sedangkan Verika dan Vince adalah betina yang berusia 1,5 tahun dan 8 tahun. Mereka didatangkan dari Brno Zoo, Ceko dan sempat singgah di TSI I, Bogor sebelum akhirnya dibawa ke TSI II. Saat ini keempat satwa tersebut sudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan dalam keadaan sehat. Para pengunjung TSI II sudah bisa melihat tingkah polah mereka di area Baby Zoo, tepatnya di kawasan Aquatic Land bersama dengan Pinguin Humboldt dan Anjing Laut.

Beaver Amerika adalah satwa semi-akuatik dan merupakan satwa pengerat terbesar di Amerika Utara. Di habitat aslinya satwa ini membuat bendungan untuk memperlambat aliran sungai, kemudian membuat sarang yang terbuat dari ranting-ranting pohon sebagai tempat berlindung dan menyimpan makanan. Seperti halnya satwa pengerat yang lain, beaver mempunyai gigi seri besar dan kuat yang digunakan untuk memotong kayu sebagai material untuk membuat bendungan dan sarang. Satwa ini sangat lincah ketika berenang di dalam air berkat kaki-kakinya yang berselaput dan ekornya yang pipih seperti dayung. Makanan utama satwa ini adalah kulit kayu dan tanaman air.

Berdasarkan data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), satwa ini termasuk dalam kategori least concern atau beresiko rendah terhadap kepunahan. Namun di habitat aslinya, Beaver Amerika mengalami penurunan jumlah populasi karena perburuan dan kerusakan habitat. Dengan datangnya empat ekor Beaver Amerika ini, peran TSI II sebagai lembaga konservasi ek situ menjadi semakin besar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kelestarian satwa-satwa di dunia.