Mari Kita Menghemat Air Demi Kehidupan Bersama

0
1116

Amikom

Masih banyak hal yang bisa kita lakukan utuk bisa menghemat Air bersih yang kita butuhkan sehari-hari,kita semua pasti tahu bahwa semua makhluk hidup di dunia ini membutuhkan Air bersih setiap harinya. Contoh hal yang tiap hari kita lakukan adalah Berwudhu di waktu kita akan Sholat,sebenarnya kita berwudhu juga bisa di katakan pemborosan air kenpa saya mengatakan hal seperti itu? karena kebanyakan orang melakukan Wudhu air yang mengalir tidak di tampung pada suatu wadah untuk bisa di gunakan untuk hal seperti penyiraman tanaman atau yang lainnya. Saat kita berwudu air bersih yang mengalir akan terjadi penguapan yang sia-sia tanpa kita gunakan lagi, apa lagi pada waktu di siang hari, proses penguapan air sangat cepat.

Dan hal yang kedua tanpa kita sadari kita tiap hari atau rutin menyiram halaman rumh kita,menurut saya hal itu tidak terlalu penting juga karena itu sangat membuang-buang air bersih dengan cuma-cuma. Dan biasanya kita menyiram halaman rumah dengan menggunakan slang air,menurut saya itu hal yang sangat boros dalam menggunaknan Air bersih, jika kita hendak melakukan penyiraman halaman rumah kita saya sarankan agar bisa menggunakan ember atau suatu wadah yang lebih kecil sehingga pemakian air biasa di  kontrol.

Dengan kita menghemat air juga selain menghemat keuangan kita juga kita bisa menjadi orang yang bijak bagi lingkungan sekitar kita dalam menjaga ketersediaan air bersih yang mana sudah menjadi pembicaraan bahwa di sebagian daerah di indonesia masih sangat kekurangan  Air bersih semakin sulit dan semakin tingginya tingginya tingat pencemaran air bersih terutam pada kota-kota besar di indonesia dan berkurangnya air yang kembali terserap oleh tanah akibat pemborosan yang kita tidak sadari.

IMG_2156 uploadUntuk daerah yang masih mengandalkan air tanah sebagai sebagai sumber utama air bersih , dengan kita menhemat air berarti kita mengurangi konsumsi air tanah yang jika di eksploitasi berlebihan maka akan dapat mengakibatkan penurunan permukaan tanah sebagai mana yang sudah terjadi pada ibu kota kita Jakarta.

“Semoga Artikel saya bisa menjadi batu acuan untuk saudara semua bahwa kita menghemat air bukan keuntungan bagi kita sendiri namun untuk kehidupan orang bnayak juga”

#JogjaHijau #IdeHijau

Don’t (just) Recycle. Think First