Hemat Air Selamatkan Bumi dan Hidup Kita

0
559

2/3 atau sekitar 50-60% dari berat badan manusia adalah air jadi hanya 1/3 saja untuk yg selainya, artinya lebih dari setengahnya air terdapat  dalam tubuh manusia, itu berarti manusia lebih membutuhkan air dibanding asupan lainya. Namun pada kenyaataanya manusia tidak menyadari hal itu sehingga mereka lebih cenderung memperhatikan hal lainnya ketimbang memperhatikan air yang cadanganya semakin berkurang karena yang mampu menyimpan cadanga air berkurang. Negara hanya memiliki 2 musim yaitu musin hujan dan musim kemarau. Masing-masing dari dua musim ini ada masanya artinya terkadang kita mengalami musim hujan dimana kita banyak mendapatkan kiriman air hujan yang bisa dimanfaatkan, dan terkadang kita pun mengalami musim kemarau dimana selama beberapa bulan kita tidak mendapatkan kiriman air untuk menunjang kebutuhan kita. Semestinya dengan kondisi ini manusia harus pintar-pintar menyimpan cadangan air untuk bisa digunakan saat kemarau berkepanjangan tiba, ditambah lagi dengan meningkatnya jumlah populasi manusia memicu kebutuhan air bersih yang tersimpan dalam tanah meningkat, apakah itu untuk untuk kebutuhan dirinya sendiri, kebutuhan rumah tangga, untuk bertani, industri, dan lain-lain. Tetapi faktanya tidak demikian saat musim penghujan tiba air yang seharusnya itu adalah berkah yang ada malah jadi malapetaka, sehingga apapun musimnya, malapetaka jadinya. Untuk itu perlu ada langkah khusus yang bisa kita mulai dari diri kita dan sejak sekarang juga.

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan benar-benar memperhatikan air agar saat air itu datang dengan ritme yang sering tidak menjadi bencana dan saat dia lama tidak kunjung datang memberi kita pasokan kita tidak kekurangan. Dan inilah yang kita lekukan:

1. Hemat dalam penggunaan air dan #hemat air saat kondisi apapun karena ketika musim hujan datang bukan berarti kita biarkan air terbuang begitu saja tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi nanti saat musim kemarau dimana air yang ada harus dibagi-bagi lagi dengan kebutuhan-kebutuhan yang membutuhkan air.

2. Menampung air  yang digunakan untuk wudlu untuk dipergunakan kembali, inilah yang dimaksudkan satu tepukan dua lalat kena tapi kalau untuk yang ini bisa lebih dari dua lho.. air yang digunakan saat wudu ditampung dalam wadah yang nantinya bisa digunakan untuk merendam pakaian kotor, mencuci kendaraa, ngepel dan lain-lain. Kalau bingung bagaimana cara penggunaanya ni saya kasi ilustrasinya berdasarkan pengalaman pribadi hehe..

16785_285637938292936_4012079448505906791_n

menampung air bekas wudlu untuk digunakan keperluan lain

3. Tanamkan dalam diri untuk gemar menanam pohon karena satu pohon yang kita tanam saat ini akan bermanfaat untuk generasi setelah kita. #hijaukan bumi selamatkan anak cucu kita, dan itu bisa dilakukan di lingkungan terdekat. Menanam pohon akan memberikan banyak manfaat, ada cadangan untuk penyimpanan air, lebih sejuk dan yang pasti selamatkan bumi.

4. Mandi dengan menggunakan shower karena dengan demikian tidak akan terlalu banyak air yang terbuang karena untuk mandi tidak harus dengan air yang mengguyaur dengan kapasitas yang banyak. Mandi cukup sekedarnya saja yang penting membersihkan badan yang kotor yang menghilangkan bau yang melekat di badan.

5. Menyisihkan halaman depan ugur permukaan tanah dengan kata lain tidak memplester keseluruhan halama depan rumah sehingga ketikan turun hujan tidak hanya lewat terbuang begitu saja, lebih baik lagi kalau ditanami pohon agar ada penyimpanan air.

6. Seperti halnya halaman depan halaman belakang pun jangan dihabiskan semua diisi dengan bangunan, karena bagaimanapun tetap diperlukan adanya permukaan tanah untuk penyerapan dan untuk penyimpanan cadangan air.

7. Buatkan talang pada akhir pengaliran air hujan untuk ditampung sehingga benar-benar air yang turun ke genteng bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainya seperti mencuci kendaraan, ngepel, merendam pakaian dan yang lainya.

itulah langkah yang bisa kita ambil untuk menyelamatkan hidup kita yang tidak dapat dipungkiri kita sangat membutuhkan air disamping untuk kebutuhan hidup juga untuk kepentingan lainnya. ayo #hematair #savewater save our earth #save our life

@Nyanyang

#Don’t(just)recycle,thinkfirst #Jogjahijau #KonsumsiHijau