Hemat Air Itu Mudah Lho!

0
721

Kebutuhan air bersih bagi masyarakat kini menjadi hal yang memberatkan, karena tanpa disadari harga air bersih melambung tinggi, bayangkan Indonesia yang sebagian besar wilayahnya didominasi perairan dengan jumlah hutan yang cukup luas ditambah banyaknya pegunungan vulkanik sumber air terbesar ada di Indonesia, namun yang terjadi harga air malah mahal.

Hal ini terjadi tentunya karena ada kesalahan yang mendasar, atau juga karena faktor kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga sumber air bersih. Menurut fakta banyak sekali sumber air bersih tercemar, rupanya hal inilah yang memicu mahalnya biaya pengolahan air.

Kondisi air saat ini sangat memprihatinkan, terlihat dari banyaknya air sungai, kali, dan air laut yang tercemar. Dampak yang paling besar yaitu berkurangnya air bersih untuk kehidupan sehari-hari dikarenakan banyaknya sampah-sampah yang terdapat diair sungai, kali, dan air laut.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memberikan penjelasan mengenai mahalnya harga air bersih per meter kubik. Menurut Djoko salah satu penyebab mahalnya harga air bersih saat ini karena banyak air sungai yang tercemar akibat sampah, konsekuensinya produksi air bersih menjadi mahal, kalau harga air bersih antara Rp 2.000-3.000/meter kubik. Kalau sudah tercemar bisa 3 kali lipatnya apalagi sudah tercampur lumpur,” ujar Djoko saat ditemui usai Jambore Sanitasi di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Senin (24/6/2013). Djoko mewanti-wanti dan mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Pihak kementeriannya terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar pola pikir peduli kepada lingkungan.

Jika air sumber bersih banyak yang tercemar hal yang harus kita lakukan adalah menghemat air bersih yang masih bisa kita gunakan, jangan mengaku pro lingkungan kalau belum bisa menghemat air, dan senarnya mudah sekali cara untuk menghemat air, simak cara – cara mudahnya yuk…

  1. Jangan mandi berlama-lama jika menggunakan shower,

     Gunakan air seperlunya, bukan berarti pelit air dan akhirnya mandi menjadi tidak bersih. Misalnya, jangan mandi  dalam waktu yang lama. Bila menggunakan shower (pancuran), gunakan pancaran yang lemah karena bisa menghemat berliter-liter air tiap menitnya. Memang, mandi dengan pancaran air yang kencang dan banyak bagi sebagian orang terasa lebih mantap dan menyegarkan. Tapi, air yang dipancarkan juga banyak dan bisa berlebihan. Memasang pancuran air di kamar mandi lebih hemat daripada menggunakan gayung air terlebih dengan cara berendam. Penggunaan pancuran tiga kali lebih hemat dari pada menggunakan gayung atau berendam.

  1. Jika pipa air bocor perbaiki segera!

karena 2000 liter air akan terbuang sia-sia setiap bulannya. Waaaww..  Dan menutup kran justru akan menambah parah kebocoran yang terjadi. Jadi cepat-cepatlah perbaiki pipa anda yang rusak dan  cek selalu  kondisi pipa air dan pastikan dalam kondisi baik.

  1. Hemat dalam mencuci buah dan sayuran

Cucilah buah dan sayuran dalam mangkuk / wadah yang  berisi air. Itu akan menghemat konsumsi air sebanyak 30 liter air setiap mencuci. Agar lebih higienis tambah kan sedikit sabun pencuci khusus buah dan sayur.

  1. Menampung air wudhu untuk dimanfaatkan kembali.

Saat berwudhu , cobalah untuk menyimpan ember atau wadah sebagai penampung sisa air wudhu, lalu gunakan untuk menyiram tanaman. Anda dapat berhemat air bersih lebih banyak. Air sisa air wudhu ini, bisa juga digunakan untuk mencuci kendaraan dan merendam cucian kotor.

  1. Menyiram tanaman diwaktu yang tepat

Jangan menyiram tanaman di siang hari saat kodisi matahari sedang terik, tapi siramlah tanaman di sore hari atau pagi hari.

  1. Membilas cucian tangan

Anda dapat menghemat lebih banyak lagi dengan mengunakan opsi membilas setengah ember untuk membilas pakaian agar air yang ada di ember tidak banyak terbuang saat dimasukan pakaian yang akan dibilas. Anda juga dapat mengunakan pewangi sekali bilasan karena dapat menghemat banyak air dan memberikan kesejukan pada pakaian.

  1. Jika menggunakan mesin cuci, gunakan sesuai kapasitasnya

Anda dapat menghemat dengan cara mengurangi jumlah pemakaian pakaian sehari-hari. bila menggunakan mesin cuci, gunakan kapasitas penuhnya karena jika mencuci tidak sesuai kapasitas akan lebih boros dalam penggunaanya air yang menyebabkan mencuci menjadi lebih sering. Dengan tidak terlalu sering mencuci dengan mesin cuci, air yang digunakan bisa lebih efisien. Disarankan juga menggunakan mesin cuci pakaian yang otomatis sehingga mampu menghemat air lebih banyak.

Mencuci dalam jumlah banyak akan lebih hemat air dari pada sedikit, tetapi sering. Jika tidak menggunakan mesin cuci, jangan membilas langsung dibawah kran, tapi tampunglah air dalam ember untuk membilas.

  1. Membersihkan halaman dan teras rumah

Sapulah jalanan menuju garasi dan jalan setapak rumah anda, bukan dengan cara menyiramnya dengan air karena kalau disiram debu masih ada sehingga kondisi halaman harus tetap disiram agar debu tidak menggangu. 

  1. Kurangi menyiram tanaman

Kurangi secara bertahap frekuensi menyiram tanaman. Dengan demikian tanaman akan menciptakan akar yang dalam dan kuat  untuk memperoleh air.

  1. Gunakan ember saat mencuci kendaraan

Dengan menggunakan ember dan spons saat mencuci kendaraan akan lebih menghemat air ketimbang menggunakan selang, gunakan maksimal enam ember maka 150 liter air dapat anda hemat.

  1. Kondisi bangunan rumah

Hindari menghabiskan semua lahan pekarangan dengan disemen, ini untuk mempertahankan air hujan dapat meresap langsung kedalam tanah. Selain sumur resapan, ada baiknya  membuat biopori untuk mencegah banjir dan menjaga kelangsungan lingkungan di sekitar.

  1. Pola pikir tentang air

perbaiki persepsi dan pola pikir kita  tentang air bersih. Jangan berpikir kita mampu membeli air atau membayar listrik dari pompa air berapapun yang kita gunakan. Air seakan-akan tersedia gratis. Padahal air semakin lama semakin langka dan kita butuh banyak biaya untuk penyediaan air bersih. Menghemat air bersih juga berarti menyelamatkan masa depan air, lingkungan dan masa depan anak cucu kita sendiri.

Akhirnya, dampak kelangkaan air bersih memang benar-benar tidak dapat diabaikan. Apalagi, jika kita mengetahui betapa bahayanya dampak yang dapat ditimbulkan oleh ketidaktersediaan air bersih di muka bumi, baru kita akan sadar betapa pentingnya menjaga keberadaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup.  Melihat dampaknya yang tidak bisa dianggap sepele tadi, akan lebih baik jika sejak saat ini kita peduli untuk membantu menjaga kelestarian alam dari kerusakan yang serius. Mari kita jaga air di bumi kita. Jika kita peduli lingkungan mari menghemat air agar kelestarian alam terjaga dan jogjahijau bisa kita nikmati. Tanamkan pula tekad dalam diri kita untuk dont (just) recycle, think first. 

jadikan #konsumsihijau sebagai kebutuhan tekadkan diri untuk menjadikan joga sebagai #jogjahijau agar kota Jogja tetap menjadi kota wisata