Mending Pakai Shampo Yang Botolan deh!

12
3439

Ada yang ngerasa jadi anak kos? Pasti banyak suka dan dukanya tuh jadi anak kos itu. Salah satu dukanya adalah belajar untuk mengirit demi kelangsungan hidup sampai akhir bulan. Makan di angkringan atau masak mie instan ditanggal tua adalah salah satu bentuk pengiritan. Masih mendingan makan mie kan daripada nggak makan sama sekali. Yang penting masih bisa bernafas dengan lancar sampai uang kiriman datang dibulan berikutnya.

Bentuk lain pengiritan yang dilakukan anak kos adalah dengan membeli segala sesuatu yang berbentuk sachet. Kopi dan susu yang diawal bulan bisa beli yang kalengan, mau nggak mau pas akhir bulan harus beli yang sachet. Belum lagi masalah shampo, anak kos itu banyak banget yang boros kalau masalah shampoo. πŸ˜€ Ya maksudnya karena jalanan sekarang ini kan banyak polusinya, jadi rambut itu jadi cepat sekali kotor dan lepek. Mau nggak mau harus sesering mungkin mencuci rambut tersebut dengan shampoo. Kalau udah tanggal tua gitu pasti yang dibeli shampo sachet juga kan biar irit?

Niatnya sih pengen irit ya, tapi tau nggak sebenarnya membeli shampo yang dalam bentuk botolan itu lebih menguntungkan? Kalau dihitung-hitung membeli shampo botol walaupun harganya lebih mahal dibandingkan shampo sachet, tapi kita akan mendapatkan shampo dalam jumlah yang lebih banyak. Misal nih satu botol shampo itu harganya Rp 10.000, terus dengan uang tersebut kita beli shampo yang dalam bentuk sachet. Kalau dikumpulin semuanya jumlahnya tetap akan lebih sedikit dibandingkan shampo dalam kemasan botol.

Pasti pada belum tau juga kan kalau nggak memakai shampo sachet itu berarti kita juga ikut menjaga kelangsungan bumi kita? Gini nih, sachet shampo itu kan terdiri dari 2 bahan yaitu plastik dan aluminium. Nah kedua bahan tersebut tuh nggak bisa menyatu dan susah banget buat diurai sama tanah. Perlu ribuan tahun buat tanah buat mengurai sampah sachet shampo tersebut. Bisa kebayang kan? kalau setiap hari kamu membuang satu sachet aja. Trus kalau teman kos kamu juga membuang satu sachet shampo juga setiap hari. Butuh berapa tahun tuh buat mengurainya. Kalau kamu sekarang masih pakai shampo sachetan juga itu artinya kamu punya andil juga dalam merusak bumi tanpa kamu ketahui.

Kamu nggak mau kan kalau nanti bumi kita rusak terus anak cucu kamu nggak bisa tinggal lagi di bumi? Yakali anak kita nanti disuruh tinggal di Mars. Susahhh bro disana buat tanam padi sama singkong, makanya mulai sekarang jangan beli shampo sachet lagi ya. Mending beli shampo yang botolan aja deh. Selain bisa lebih hemat, kamu juga ikut berusaha menyelamatkan bumi.

#JogjaHijau #IdeHijau

Don’t (just) Recycle. Think First

 

Source featured image: sabun-motto.blogspot.com

 

12 COMMENTS

  1. Saya selalu pakai shampoo botolan. Soalnya meskipun cowok, saya terbiasa diajak ngitung sama ibu kalo beli sesuatu. Shampoo sachet itu jatuhnya jauh lebih mahal dibanding botol. Lagipula saya juga benci pake acara pencet-pencet urut, terasa boros karena pasti ada yang tertinggal di dalamnya. I hate sachet, ga cuma shampoo, tapi semua produk dengan kemasan itu. πŸ™‚